Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

statue of liberty, landmark, silhouette-1210001.jpg

Komponen Pendapatan Nasional

Sebelum kita mulai masuk ke komponen pendapatan nasional, kita perlu mengerti definisi dari pendapatan nasional dahulu. Pendapatan nasional atau Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai pasar dari semua barang dan jasa akhir yang diproduksi di suatu negara dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga Pengertian Pendapatan Nasional dan Perbedaan PDB dan PNB

Dari pengertiannya, komponen PDB adalah total nilai pasar dari semua barang dan jasa. Untuk mengetahui nilai pasar dari semua barang dan jasa, ada tiga metode pendekatan yang umum digunakan. Pendekatan pengeluaran, pendapatan dan nilai tambah. Ketiga metode ini secara teoretis akan memiliki nilai yang sama, namun akan ada sedikit perbedaan karena diskrepansi data dalam statistik.

Cara menghitung pendapatan nasional

Komponen pendapatan nasional melalui pendekatan pengeluaran

Y = C + G + I + (X – M)

Y = GDP/ pendapatan nasional
C = Konsumsi
G = Pengeluaran Pemerintah
I = Investasi
X = Ekspor
M = Impor

Konsumsi (C)

Konsumsi merupakan belanja rumah tangga untuk barang dan jasa, dengan pengecualian pembelian rumah baru. Barang idm download crack disini termasuk barang tahan lama, seperti mobil dan peralatan, dan barang sekali pakai, seperti makanan dan pakaian. Jasa termasuk barang tidak berwujud seperti salon dan perawatan kesehatan.

Pendidikan juga termasuk dalam konsumsi jasa (meskipun mungkin
ada yang berpendapat bahwa itu akan lebih cocok di komponen investasi).

Investasi (I)

Investasi merupakan total pengeluaran untuk barang-barang yang akan digunakan di masa depan untuk menghasilkan lebih banyak barang. Seperti halnya pembelian
modal bisnis, perumahan, dan persediaan (inventory).

Perlu diingat bahwa investasi disini adalah investasi bisnis, ibaratnya konsumsi oleh sektor bisnis. Investasi di produk keuangan seperti membeli saham dan obligasi, tidak masuk dalam GDP.

Investasi yang terhitung di GDP ini termasuk pengeluaran untuk

  • peralatan modal (misalnya, mesin, alat)
  • struktur (pabrik, gedung perkantoran, rumah)
  • persediaan (barang yang diproduksi tetapi belum dijual)

Barang yang diproduksi pada tahun itu namun belum terjual akan masuk ke investasi (dalam bentuk persediaan)

Pengeluaran pemerintah (G)

Pengeluaran pemerintah merupkan semua belanja barang dan jasa oleh pemerintah di tingkat pusat, provinsi, dan lokal. Pembayaran transfer (transfer payment), seperti jaminan Sosial atau bantuan langsung tunai tidak dihitung dalam pengeluaran pemerintah.

Transfer payment tidak masuk dalam pengeluaran pemerintah karena bukan belanja barang dan jasa, namun pemberian langsung ke masyarakat. Jika dihitung maka akan terjadi double accounting karena hasil dari transfer payment akan tercermin di konsumsi.

Net ekspor (NX)

NX = Ekspor – impor

Ekspor merupakan belanja luar negeri barang dan jasa yang diproduksi di domestik

Sementara impor merupakan belanja barang dan jasa yang diproduksi luar negeri oleh domestik.

Impor mengurangi perhitungan PDB karena belanja barang dan jasa luar negeri sebagian terhitung dalam komponen C, I, dan G. Padahal yang seharusnya terhitung di PDB hanya barang dan jasa yang diproduksi dalam negeri.