Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

market, twilight, street-5430564.jpg

Kekuatan Pasar: Penentu Bentuk Sebuah Struktur Pasar

market, twilight, street-5430564.jpg

Apa sih yang terlintas di pikiran kita kalau mendengar kata kekuatan? Kalau saya pribadi terbayang dengan Superman, yang bisa memaksa musuh-musuhnya untuk menyerah atau bahkan kabur saat mendengar namanya. Dalam ekonomi, konsep kekuatan pasar ini tidak jauh beda dengan halnya Superman. Kalau Superman bisa memaksa penjahat bertaubat karena kekuatannya, maka perusahaan dengan kekuatan pasar yang besar bisa memaksa dan menentukan harga barang yang dijual sesuai keinginannya. Kemampuan menentukan harga inilah yang pada akhirnya menentukan struktur pasar yang ada, mulai dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna seperti monopoli.

Secara definisi, kekuatan pasar adalah kemampuan perusahaan untuk menentukan harga yang ada di pasar dengan memanipulasi jumlah permintaan atau penawaran. Misalnya dalam pasar monopoli, penjual bisa memiliki kekuatan pasar dengan cara mengatur jumlah barang yang ada di pasar (semakin sedikit barang semakin mahal).

Kenapa bisa ada Kekuatan Pasar?

Secara garis besar, kekuatan pasar ditentukan oleh kemampuan perusahaan-perusahaan yang ada dalam memengaruhi jumlah permintaan atau penawaran. Nah, ada beberapa faktor nih yang menyebabkan perusahaan bisa punya kekuatan pasar.


Pertama, bisa ada karena aturan main yang ada, seperti regulasi pemerintah

Contoh paling sederhana adalah perusahaan negara yang diberi hak monopoli pasar. Perusahaan semacam ini diberi hak penuh oleh negara sebagai satu-satunya produsen sehingga bisa memanipulasi jumlah penawaran. Mereka bisa dengan mudah menaikan dan menurunkan harga karena memiliki kekuatan pasar sebagai satu-satunya produsen. Jika harga sedang turun, mereka tinggal mengurangi produksi dan menciptakan kelangkaan sehingga harga barang mereka bisa naik. Walaupun, jarang sekali perusahaan monopoli negara yang melakukan hal tersebut sebab tujuan mereka biasanya untuk menjaga harga komoditas di pasar tetap terjaga. Kalau di Indonesia, contohnya adalah perusahaan PLN. Mereka punya kekuatan pasar absolut di pasar energi listrik sebagai satu-satunya produsen listrik yang diakui oleh negara. Jadi, tidak boleh ada supplier listrik selain PLN di Indonesia.


Kedua, bisa juga disebabkan karena ada hambatan masuk pasar sehingga jumlah produsen terbatas

Hambatan masuk pasar bisa berupa aturan monopoli dari pemerintah, atau kebutuhan modal yang sangat besar. Contohnya sepeti perusahaan farmasi, modal awal untuk membentuk perusahaan farmasi biasanya luar biasa besar. Oleh karena itu, modal yang sangat besar ini bisa menjadi salah satu hambatan masuk pasar untuk beberapa calon produsen. Contoh lainnya ada di pasar mie instan, saat pertama kali Mie Sedap launching produknya, mereka harus mengeluarkan biaya advertising yang sangat besar. Hal ini karena sebelumnya sudah ada Indomie yang menguasai pasar mie instan sehingga perlu biaya yang sangat besar untuk mengalahkan branding Indomie. Untuk produsen lain yang tidak bisa membiayai ini, maka menjadi hambatan masuk pasar tersendiri.


Ketiga, karena komoditas barang yang dijual memiliki elastisitas permintaan yang inelasti (Ex: barang kebutuhan pokok, esensial, atau tidak ada penggantinya)

Penjual barang kebutuhan pokok atau tidak memiliki substitusi biasanya lebih memiliki kekuatan pasar. Barang dagangan mereka biasanya dibutuhkan sehingga harga berapapun yang ditetapkan oleh mereka, pelanggan akan mau tidak mau membeli barang mereka.

Contohnya saja produsen minyak, seperti kita ketahui minyak merupakan salah satu komoditas yang sangat penting karena dipakai untuk berbagai kegiatan produksi dan bahan energi. Biasanya, produsen minyak bisa mengatur harganya agar menjadi tinggi dan konsumen tetap akan membeli dengan harga tinggi sebab mereka butuh minyak tersebut.


Kesimpulannya…

Jadi kekuatan pasar merupakan kemampuan perusahaan untuk mempengaruhi harga yang ada di pasar melalui manipulasi penawaran dan permintaan produknya. Kekuatan pasar ini sangat memengaruhi struktur pasar yang tercipta.

Dalam pasar persaingan sempurna, semua pembeli dan penjual tidak memiliki market power sehingga mekanisme pasar yang menentukan harga barang.

Namun, dalam pasar persaingan tidak sempurna, ada pihak yang mempunyai kekuatan pasar lebih. Dalam pasar monopoli, market power bersifat absolut bagi produsen sebab penjualnya hanya satu. Ada juga kasus ketika pembeli yang memiliki market power sebab hanya mereka yang bersedia membeli dari perusahaan yang ada.

Terakhir, market power bisa ada karena adanya regulasi pemerintah, hambatan masuk pasar, dan juga komoditas barang pokok atau tidak ada substitusinya. Hal-hal tersebut menyebabkan sebuah perusahaan bisa mengatur harga lewat pengurangan dan penambahan penawaran atau permintaan key avast pro 2017 barangnya.