Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

sistem ekonomi

Sistem Ekonomi

Istilah sistem ekonomi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Penyebutannya sering beriringan dengan permasalahan ekonomi. Sebelum membahas sistem ekonomi lebih lanjut, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem ekonomi. Secara ringkas sistem ekonomi adalah kebijakan dalam perekonomian yang mengatur tentang pengelolaan sumberdaya untuk mengatasi permasalahan ekonomi.

Definisi

Menurut Bappenas, sistem ekonomi merupakan keseluruhan dari berbagai institusi ekonomi yang berlaku di suatu perekonomian untuk mengatur bagaimana sumber daya ekonomi yang terdapat di perekonomian tersebut didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sistem ekonomi bertujuan untuk mengatasi kelangkaan sebagai masalah pokok dalam perekonomian.

Macam-macam Sistem Ekonomi

  • Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang berpegang pada adat istiadat. Biasanya digunakan oleh negara yang bergantung pada sektor pertanian dan tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan harta. Penduduk negara tersebut melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan hanya untuk memenuhi kebutuhan primer hidupnya.

  • Sistem Ekonomi Liberalis

Sistem ekonomi liberalis memberikan kebebasan kepada penduduknya untuk melakukan kegiatan ekonomi tanpa melibatkan campur tangan pemerintah. Negara mengakui hak milik setiap individu. Kekayaan cenderung berpihak kepada pemilik modal yang banyak dan memiliki kemampuan untuk mengelolanya.  Individu yang minim modal akan sulit bersaing di pasar. Oleh sebab itu, kelemahan sistem ekonomi liberal sering digambarkan dengan kalimat “Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”. Beberapa negara yang menganut sistem ekonomi liberalis adalah Amerika Serikat, Jerman, dan Belanda.

  • Sistem Ekonomi Sosialis

Sistem ekonomi sosialis sering disebut dengan sistem ekonomi komando atau terpusat. Sistem ekonomi ini memberikan kekuasaan penuh kepada pemerintah untuk mengelola faktor produksi. Perekonomia dikendalikan oleh negara dan pemerintah dapat lebih mudah untuk mengatur tingkat inflasi dan harga di sebuah negara. Sistem ekonomi sosialis biasanya digunakan oleh negara Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara. Sistem ini sering digambarkan dengan kalimat “sama rata sama rasa”.

  • Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah gabungan antara sistem ekonomi liberalis dan sistem ekonomi sosialis. Pemerintah dan swasta sama-sama memiliki peran penting dalam perekonomian. Pemerintah berperan dalam mengontrol sistem perekonomian dan swasta berperan dalam memenuhi kebutuhan yang tidak bisa disediakan oleh pemerintah. Sumber daya alam yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemerintah. Indonesia memiliki sistem ekonomi pancasila yang merupakan sistem ekonomi campuran dengan ciri khas tersendiri.

Sekian pembahasan tentang ekonomi hari ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang konsep ekonomi, silakan buka tautan berikut. https://ekonomiaw.id/konsep-biaya-peluang/