Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN

Kebutuhan manusia yang beragam mendorong produsen untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia.  Agar konsumen mengetahui barang dan jasa yang diproduksi  oleh produsen, maka terbentuk lah penawaran. Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan (dijual) oleh produsen dengan berbagai tingkat harga dalam satu waktu tertentu. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi penawaran individu atas suatu barang atau jasa. Apa saja faktor-faktor tersebut? Nah daripada penasaran, langsung aja kita bahas bareng!

Pada dasarnya, ada 2 faktor yang memengaruhi penawaran yaitu faktor harga dan faktor non harga. Faktor harga menyebabkan pergerakan di sepanjang kurva (movement along the curve), sedangkan faktor non harga menyebabkan pergeseran kurva (shifting the curve). Bagaimana perbedaan pada kurva antara movement dengan shifting? Simak baik-baik penjelasan berikut dan perhatikan gambarnya ya!

Faktor Harga

Harga barang itu sendiri

Apabila harga suatu barang naik, maka kuantitas barang yang ditawarkan akan bertambah. Apabila harga suatu barang turun, maka kuantitas barang yang ditawarkan akan berkurang. Pernyataan ini merupakan law of supply. Faktor harga menyebabkan movement along demand curve atau pergerakan di sepanjang kurva penawaran seperti berikut ini.

Terjadi pergerakan titik di sepanjang kurva yang sama

Faktor Non Harga yang Mempengaruhi Penawaran

Faktor non harga terdiri dari banyak hal yaitu :

Harga faktor produksi

Kenaikan harga faktor input akan menyebabkan penawaran berkurang. Penurunan harga faktor input akan menyebabkan penawaran bertambah. Misalnya : Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) akan meningkatkan harga input karena produsen harus membayar upah dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya penawaran. Korelasi antara harga faktor produksi dengan penawaran adalah avast 2015 crack negatif.

Teknologi

Perkembangan teknologi akan menyebabkan kenaikan penawaran. Hal ini terjadi karena produsen dapat memproduksi barang dengan lebih efisien sehingga biaya produksi lebih rendah.

Jumlah penjual

Semakin banyak jumlah penjual maka semakin meningkat penawaran, begitu juga sebaliknya. Kita dapat mengatakan bahwa korelasi antara jumlah penjual dengan penawaran adalah positif.

Ekspektasi harga di masa yang akan datang

Jika produsen memiliki ekspektasi bahwa harga barang di masa yang akan datang meningkat, penawaran produsen akan barang tersebut di masa sekarang akan menurun. Hal ini dikarenakan produsen memilih untuk menawarkan barangnya di masa yang akan datang ketika harga meningkat. Korelasi ekspektasi dengan penawaran adalah negatif.

Faktor non harga menyebabkan pergeseran kurva penawaran atau shifting seperti kurva berikut

Peningkatan penawaran menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kanan

Penurunan penawaran menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kiri

Lantas bagaimana dengan permintaan? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan? Langsung aja klik link berikut ini : FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN