Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

biaya peluang

Biaya Peluang adalah

Biaya peluang adalah sesuatu yang dikorbankan karena memilih alternatif lain. “There’s no free lunch”. Apakah artinya “Tidak ada makan siang yang gratis”? Lantas kenapa sering berkaitan dengan biaya peluang? Apakah makna sebenarnya dari ungkapan tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya!  

Contoh Biaya Peluang

Ungkapan “There’s no free lunch”  menggambarkan bahwa segala sesuatu memiliki harga. Dengan kata lain, untuk mendapatkan suatu hal harus melakukan pengorbanan. Misalnya, kita menghadapi tiga pilihan. Pilihan yang pertama, berkuliah dan menjadi pekerja part time dengan gaji Rp 800.000 per bulan. Setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 2.000.000 sebagai pekerja full time merupakan pilihan kedua. Pilihan ketiga, menjadi pengusaha boba dengan omset Rp 1.800.000 per bulan. Ketika kita memilih berkuliah dan menjadi pekerja part time, maka kita mengorbankan kesempatan untuk menjadi pekerja full time atau pengusaha boba. Dari ilustrasi ini, kita dapat menyimpulkan bahwa biaya kesempatan atau biaya peluang (opportunity cost) dari memilih berkuliah dan menjadi pekerja part time adalah sebesar Rp 2.000.000 atau besaran gaji dari pekerja full time.

Lantas, apa definisi dari biaya peluang? Kenapa bisa terjadi? Apa manfaat memahaminya?

Konsep Biaya Peluang

Pada dasarnya, biaya peluang adalah kesempatan atau peluang yang hilang untuk memperoleh sesuatu karena telah memilih alternatif lain. Dari ilustrasi di atas, mungkin akan muncul pertanyaan mengapa opportunity cost dari memilih berkuliah dan menjadi pekerja part time adalah sebesar Rp 2.000.000 bukan Rp 3.800.000. Jawabannya adalah karena pekerja full time dan menjadi pengusaha boba tidak bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, Opportunity cost juga bisa didefinisikan sebagai biaya tertinggi yang harus dikorbankan atau hilang karena memilih alternatif lain. Opportunity cost terjadi karena manusia menghadapi permasalahan utama ekonomi, yaitu kelangkaan. Kelangkaan adalah kondisi di mana manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas, sementara sumber daya untuk memenuhi kebutuhan terbatas. Kelangkaan inilah yang membuat manusia harus memilih.

Manfaat

Biaya peluang berfungsi untuk melatih cara pikir manusia dalam menentukan pilihan. Ketika memutuskan untuk memilih sesuatu, jangan hanya fokus kepada manfaat dari pilihan yang kita pilih, tetapi juga harus menyadari bahwa ada manfaat lain yang harus kita korbankan. Pada keadaan inilah, setiap individu harus bersikap rasional. Opportunity cost tidak selalu berhubungan langsung dengan uang, melainkan bisa pengorbanan dalam bentuk waktu, kesenangan, dan keuntungan di masa key avast premier 2018 depan.