Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

monopoly, canadian, game-2636268.jpg

Pasar Monopoli dalam Ekonomi


Selain Pasar Persaingan Sempurna, ada juga Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Berbeda dengan PPS yang pembeli dan penjualnya TIDAK punya kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar, pada Pasar Persaingan Tidak Sempurna, penjual dan pembelinya bisa memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga pasar. Salah satu contoh struktur pasar persaingan tidak sempurna yang kita bahas sekarang adalah Pasar Monopoli.


Definisi Pasar Monopoli

Sebagian orang sudah tidak asing dengan kata Monopoli. Ada yang mengenalnya sebagai salah satu permainan board games. Beberapa orang ada juga yang mungkin pernah melihatnya dirangkai dengan kata perdagangan, perusahaan, dan juga pasar. Dalam permainan board games Monopoli, seseorang bisa menang apabila berhasil menguasai seluruh lahan dan membuat lawannya bangkrut. Tidak jauh berbeda dengan ilustrasi board games, dalam konteks kita Pasar Monopoli didefinisikan sebagai pasar dimana ada perusahaan yang merupakan penjual tunggal suatu produk tanpa pengganti dekat dan juga dia menguasai pasar tersebut.

Jadi bisa kita bilang, pasar monopoli adalah pasar dimana hanya ada satu penjual atau produsen untuk suatu barang tertentu. Selain itu, barang yang diproduksi biasanya sangat unik dan tidak bisa ditiru oleh perusahan lain.

Salah satu contohnya adalah perusahaan Microsoft yang menjual operating system Windows. Jika kita membeli komputer dari Microsoft hampir dipastikan kita harus juga membeli operating system yang dibuat oleh Microsoft. Sebab utamanya adalah hanya itu OS yang kompatibel dengan komputer buatan Microsoft. Dalam hal ini, Microsoft bisa kita sebut sebagai perusahaan yang melakukan monopoli di pasar operating system.


Ciri-Ciri dan Karakteristiknya

Pertama, dalam strukur pasar persaingan monopoli hanya ada satu penjual yang bisa mengatur harga dan juga jumlah barang yang dijual.

Contohnya, jika di desa terpencil yang ada di tengah gurun ada penjual air keliling. Kebetulan, dia satu satunya penjual yang berjualan air ke desa tersebut. Maka penjual air tersebut menciptakan sebuah monopoli air dimana dia bebas menentukan harga dan juga jumlah air yang dia jual setiap harinya. Dari ilustrasi diatas bisa kita katakan bahwa penjual air punya market power untuk mengendalikan harga air yang dia jual sebab dia satu-satunya supplier air ke desa gurun itu.


Kedua, komoditas yang ada dalam pasar persaingan monopoli biasanya unik dan tidak memiliki substitusi sehingga konsumen tidak punya pilihan lain selain membeli dari penjual monopolis

Salah satu yang membuat sebuah perusahaan bisa memiliki market power untuk melakukan monopoli adalah tidak adanya barang substitusi yang tersedia. Contohnya seperti kasus Microsoft tadi komputer pabrikan dari Microsoft harus menggunakan OS Windows agar bisa bekerja. Mau tidak mau, konsumen yang sudah membeli komputer pabrikan Microsoft harus juga membeli OS Windows. Jika tidak, maka konsumen tersebut tentu tidak bisa menggunakan komputernya. Lewat ilustrasi diatas, kita bisa lihat jika sebuah barang atau komoditas tidak punya subtitusi, cenderungnya produsen barang tersebut bersifat monopolis.


Ketiga, harga dan kuantitas yang ada di pasar ditentukan oleh penjual sebagai satu-satunya produsen.

Perbedaan dengan Pasar Persaingan Sempurna

Dari ciri-ciri diatas ada beberapa hal yang berbeda 180 derajat antara monopoli dan PPS. Pertama, barang yang dijual di pasar monopoli biasanya unik dan tidak memiliki substitusi. Pada PPS, barang yang dijual justru sama persis dan memiliki banyak sekali substitusi.

Kedua, dalam monopoli hanya ada satu penjual dan juga banyak pembeli. Ini sangat berbeda dengan PPS dimana dalam satu pasar bisa terdapat banyak sekali penjual dan pembeli.

Jadi, kedua hal tersebut menciptakan keadaan yang sangat berbeda diantara kedua pasar tersebut. Bisa kita rangkum perbedaan utama perusahaan monopoli dan PPS adalah monopoli memiliki market power (kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar dari produk yang dijualnya), sedangkan PPS tidak memiliki market power.

Kesimpulan dari Pasar Monopoli…

Sebagai kesimpulan Pasar Monopoli ditandai dengan hanya ada satu penjual dalam pasar dan barang yang dijual biasanya unik dan tidak memiliki substitusi. Kedua karakteristik tersebut membuat perusahaan monopoli memiliki market power untuk menentukan harga dan banyaknya kuantitas barang yang akan dijual. Biasanya, perusahaan monopoli akan menghentikan produksi agar tercipta kelangkaan dan membuat harga barangnya menjadi tinggi lagi.

Sebenarnya, masih banyak yang bisa dibahas dari Pasar Monopoli selain ciri dan perbedaannya dengan PPS salah satunya adalah mengapa bisa ada Pasar Monopoli di dunia ini? Hmmmm untuk pembahasan itu, kita lanjutkan di lain kesempatan ya!
Terima kasih dan semoga bermanfaat 🙂